Laman

Rabu, 11 Mei 2011

Pengertian Politik dan Strategi Nasional

. Pengertian Politik Strategi Nasional
Politik (etimologis) adalah segala sesuatu yag berkaitan dengan urusanyang menyangkut kepentingan dari sekelompok masyarakat (negara). Secaraumum politik mempunyai dua arti, yaitu poplituik dalam arti kepentinganumum (politics) dan politik dalam arti kebijakan (policy). Politikdalam arti politics adalah rangkaian asas/prinsip, keadaan, jalan, caraatau alat yag akan digunakan untuk mencapai tujuan. Sedangkan politikdalam arti policy adalah penggunaan pertimbangan tertentu yang dapatmenjamin terlaksananya usaha untuk mewujudkan keinginan atau cita-citayang dikehendaki.
Dapat disimpulkan bahwa politik adalah bermacam-macam kegiatan yangmenyangkut proses penentuan tujuan-tujuan dari sistem negara danupaya-upaya dalam mewujudkan tujuan itu, pengambilan keputusan(decisionmaking) mengenai seleksi antara beberapa alternatif danpenyusunan skala prioritas dari tujuan-tujuan yang telah ditentukan.Untuk melaksanakan tujuan itu diperlukan kebijakan-kebijakan umum(public policies) yang menyangkut pengaturan dan pembagian atau alokasidari sumber-sumber yang ada.
Dalam perkembangannya istilah strategi condong ke militer sehingga adatiga pengertian strategi : Strategi militer yang sering disebut sebagaistrategi murni yaitu penggunaan kekauatan militer untuk tujuan perangmiliter Strategi besar (grand strategy) yaitu suatu strategi yangmencakup strategi militer dan strategi nonmiliter sebagai usaha dalampencapaian tujuan perang Strategi nasional yaitu strategi yang mencakupstrategi besar dan di orientasikan pada upaya optimlaisasi pelaksanaanpembangunan dan kesejahteraan bangsa.
Indonesia menuangkan politik nasionalnya dalam bentuk GBHN karena GBHNyang merupakan kepanjangan dari Garis-garis Besar Haluan Negara adalahhaluan negara tentang penyelenggaraan negara dalam garis-garis besarsebagai pernyataan kehendak rakyat secara menyeluruh dan terpadu ditetapkan oleh MPR untuk lima tahun guna mewujudkan kesejahteraan rakyatyang berkeadilan.

Sumber :http//wonosobocommunity.webs.com/apps/forums/topics/show/2061487-pengertian-politik-strategi-nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar